Beranda

Yang Melemahkan Iman


Abdullah Gymnastiar

 

Allah menguasai segala sesuatu dengan sempurna, menggenggam seluruh ruang dan waktu dengan sempurna tanpa cacat. Aa' gym membuktikan kekuasaan Allah tersebut seiring dengan banyaknya perjalanan yang telah dilakukan. Demikian pula saat menyampaikan catatan perjalanannya ke Taiwan yang baru saja dijalaninya.

 

Dalam menjalani hidup sehari-hari tentu kita dapat mengenali perbedaan aura yang terpancar dari banyak tempat. Masjid misalnya, umumnya masjid memancarkan aura yang hangat, teduh dan daya tariknya luar biasa membawa orang yang berada di dalamnya untuk lebih dekat ke ibadah. "Bawaan" untuk shalat, dzikir, baca qur'an bahkan mengobrol pun lebih terjaga dengan baik ketika berada di dalam masjid.



 

Berbeda lagi dengan Mall atau tempat hiburan lain. Aura yang terpancar biasanya lebih cenderung mengobarkan nafsu. Nafsu menghambur-hamburkan uang, menghabiskan waktu dan seringkali membuat orang menjauh dari ibadah.

 

Demikian pula saat berwisata, ada wisata yang semakin mendekatkan diri dengan Allah namun banyak juga yang justru membuat kita menjauh bahkan lupa beribadah. Ibadah umrah dan haji selain beribadah juga merupakan perjalanan wisata karena kita bepergian jauh. Meskipun merupakan wisata rohani jika kita tidak hati-hati ada kemungkinan kita tergoda untuk membatasi 'pendekatan' kita dengan Allah akibat fasilitas hotel atau ketertarikan kita pada pusat perbelanjaan maupun restoran lokal.

 

Untuk itu kita harus sangat cermat menentukan kemana kaki kita melangkah. Kenali diri kita sendiri menjadi bagian yang penting karena dengan mengenal diri sendiri kita dapat menentukan tempat mana yang mampu menguatkan iman kita dan mana tempat yang berpotensi melemahkan iman kita. Jika sudah mengetahui, usahakan untuk mewaspadai tempat-tempat yang 'membahayakan' iman agar tidak sampai tergelincir. Tidak berdosa jika kita ingin berjalan-jalan, ke mall misalnya, namun usahakanlah untuk cermat mengatur waktu disesuaikan dengan jadwal shalat dan kenali lokasi mushalla sehingga tidak sampai meninggalkan ibadah wajib yang disenangi Allah yaitu shalat tepat waktu.

 

Karena tidak satupun dari kita yang mengetahui kapan batas waktu hidup kita akan berakhir, maka kita harus senantiasa waspada dan berhati-hati. Jangan sampai kita meninggal di tempat atau saat baru mengunjungi tempat yang melemahkan iman kita dan pergi dalam keadaan lemah iman, naudzubillah min dzalik.mqpagidotcom

1 comment:

  1. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Kami dari Perum Bulog menawarkan program TOKO Baitul Pangan (TOBATAN) disetiap masjid, khususnya di wilayah Jabodetabek.
    Program ini merupakan kemitraan Perum BULOG dan DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) sebgai sarana pemberdayaan/kesejahteraan umat melalui outlet yang dinamakan TOBATAN yang berlokasi di masjid dengan memanfaatkan dana amal jariah/infaq yang ada untuk kemaslahatan umat dalam bentuk pembelian komoditi pangan pokok yang disediakan leh Perum BULOG dengan harga dasar/HPP (Franco) yang kemudian didistribusikan oleh tobatan langsung ke umat, dan sebagai imbal balik untuk biaya operasional Tobatan disepakati umat memberikan infaq sesuai kesepakatan bersama umat dan harga masih dibawah pemerintah (Harga Eceran Tertinggi/HET) dan harga Pasar.


    Tobatan didirikan ntuk menjaga kestabilan harga ditingkat konsumen yan sifatnya rutin dan dekat dengan pemukiman masyarakat serta keikutsertaan masjid dalam program memakmurkan umat dan mendukung program pemerintah stabilisasi pangan.


    Untuk yang berminat dan ingin tahu lebih lanjut, silahkan hubungi Perum Bulog Divisi Penjualan Langsung, Jl. Gatot Subroto Kav. 49 Lantai 12, Jakarta Selatan :
    Novrizal Ibnu : 08562581445 (WA)
    Eko Wahyu S. : 085647959151 (WA)
    Siti Nurhalimah : 081288612848 (WA)
    Syarief Hanizar : 081281851660 (WA)

    ReplyDelete